Pada
era yang serba digital ini, media social memang sudah menjadi salah satu
kebutuhan utama manusia. Fungsi dari media sosial pun kian bergeser dari yang sebelumnya
sebagai media komunikasi tapi kini mejadi wahana untuk ektensi diri. Menurut
data, pengguna media sosial yang aktif di Indonesia pada 2017 mencapai 106 juta
jiwa. Angka tersebut tergolong tinggi jika dibandingkan dengan pengguna media
sosial di negara-negara berkembang yang lainnya.
Melihat
antusiasisme masyarakat Indonesia akan media sosial tersebut, terdapat beberapa
keuntungan yang bias kita manfaatkan. Salah satunya dengan manjadikan media
sosial sebagai lahan menciptakan lapangan pekerjaan. Berikut LPM koneksi
berikan beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial dan cocok
dicoba para generasi millennial saaat ini.
1. Social Media Strategist
sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-265651-1-640x424.jpeg
Angka pengguna media sosial yang
cukup tinggi di Indonesia, membuat bebera pebisnis dan perusahaan
menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan bisnis mereka. Untuk itulah,
dibutuhkan seorang social media specialist di dalamnya. Pekerjaan
ini dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran
melalui media sosial. Salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh social media strategist ini adalah
mengoptimalisasikan penggunaan media sosial agar proses pemarasan hingga
promosi berjalan dengan baik.
Sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-502661-640x427.jpeg
Penghasilan utama dari selebgram ini didapatkan
dari endorsement serta kerjasama yang melibatkan brand-brand
ternama. Seorang selebgram bisa mengantongi belasan juta rupiah hanya dengan
mengunggah satu foto produk lho! Selain berupa materi, keuntungan yang didapat
dengan menjadi selebgram adalah bisa ikutan tenar.
3. Youtuber atau Vlogger
Beberapa tahun lalu Youtube hanya digunakan untuk melihat video klip atau trailer film aja. Namun beberapa waktu terakhir, Youtube bisa menjadi lahan untuk mencari pundi-pundi bahkan pekerjaan tetap. Salah satunya adalah dengan menjadi kreator atau yang sering disebut sebagai youtuber. Menjadi youtuber nggak hanya bermodal punya kamera aja, tapi pekerjaan ini juga dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang keren serta kemampuan editing video yang mumpuni. Yang nggak kalah penting adalah ketekunan dan keseriusan dalam membuat video-video berkualitas. Dari segi penghasilan, menjadi youtuber ini ternyata cukup menjanjikan. Setiap satu videomu berhasil ditonton 100 ribu kali, kamu bisa mendapatkan 50-100 dolar AS atau setara dengan 1,3 juta rupiah. Coba bayangkan kalau kamu dalam seminggu mengunggah dua video dengan total view sebanyak 1 juta viewer? Lumayan ‘kan?
4. Blogger
Sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-374897-640x427.jpeg
Kamu yang hobi menulis tapi tak mau menjadi penulis buku, perlu mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Untuk bisa menjadi blogger profesional, kamu perlu mengumpulkan beberapa modal terlebih dahulu. Di antaranya adalah blog yang sudah top level domain (.com, .co.id, atau yang lainnya) serta tema atau niche untuk halamanmu. Beberapa niche yang banyak digunakan oleh blogger profesional adalah beauty, fashion, makanan, parenting, teknologi serta masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga sebaiknya memiliki ketelatenan dalam mengurus blog agar bisa mendatangkan keuntungan.
Penghasilan dari blog ini biasanya didapatkan dari content partner, afiliasi serta iklan-iklan yang bisa didapatkan setelag kamu memasang Google Adsense. Biar trafik blogmu makin ramai serta kemampuan bloggingmu meningkat, kamu juga bisa lho bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada.
5. Content Writer
Sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-92331-640x427.jpeg
6. Desain Grafis
Sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-251225-640x380.jpeg
Media sosial itu terdiri dari tiga elemen penting. Tulisan, gambar serta suara. Namun tulisan serta gambar menjadi dua hal yang paling dibutuhkan di dalamnya. Kamu yang hobi desain pun bisa lho mendapatkan pekerjaan di bidang media sosial. Pekerjaan tersebut adalah menjadi desainer grafis. Untuk kamu yang berminat menjadi desainer grafis, kemampuan memvisualisasikan tulisan menjadi bentuk 2D atau 3D adalah kunci utama. Fungsi desainer grafis ini adalah untuk mendukung konten tulisan agar lebih menarik. Jika di media sosial kamu sering melihat infografik atau gambar animasi, nah hal itu merupakan hasil karya dari desainer grafis ini. Untuk masalah penghasilan, nggak kalah kok dengan pekerjaan kekinian yang lain.
7. Social Media Travel
Sumber : http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/09/hipwee-pexels-photo-175703-640x427.jpeg
Menjadi sosial media traveler adalah
pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya
hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai,
namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang
satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen
selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat
nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru
dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel,
maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review
akan sebuah produk.
Buat kamu yang masih kebingungan mencari pekerjaan,
siapa tahu jenis-jenis pekerjaan kekinian tersebut bisa menjadi inspirasi. Satu
tips dari Hipwee, apapun pekerjaannya, sebisa mungkin dijalani dengan
sungguh-sungguh ya? Karena sesuatu yang dijalani dengan sungguh-sungguh
hasilnya tak akan buatmu kecewa.
Penulis : Arif Purnomo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar