Budaya Pop dan
Web 2.0 sebenarnya masuk dalam kajian komunikasi. Budaya Pop masuk dalam
komunikasi kontemporer dan web 2.0 masuk dalam matri media baru yang dapat
dipelajari di jurusan komunikasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mungkin
bagi mahasiswa pasti berpikir tentang apa itu web 2.0?? ok sekedar penjelasan
singkat yang didapat dari wikipedia web 2.0 merupakan pembaharuan dari web 1.0
yang sederhana. Sementara web 2.0 Web 2.0, adalah
sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun
2003, dan dipopulerkan pada konferensi web
2.0 pertama pada tahun 2004,
merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan
sosial, wiki, perangkat komunikasi.
Nah,
komunikasi yang terjadi di web 2.0 ini bisa 2 arah dan saling berhubungan
sehingga komunikasi dapat terjalin dengan mudah, cepat, dan praktis. Pesan –
pesan yang dihantarkan dari komunikator ke komunikan juga lebih jelas.
Berbicara mengenai budaya populer dari salah satu jurnal yang dikutip dari UIN
Malang. Penjelasan budaya populer yaitu budaya populer berkaitan dengan budaya
massa. Budaya massa adalah budaya
populer yang dihasilkan melalui tehnik- tehnik indsutrial produksi massa dan
dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan dari khalayak konsumen (Malthy dalam
Tressia : 20 : 37)
Jadi,
budaya populer itu dipasarkan dan diproduksi secara besar-besaran untuk
menghasilkan keuntungan. Budaya pop Jepang dalam entertainment ini mulai banyak
dikenal dan banyak penggemar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Adanya
perkembangan teknologi mempermudah jangkauan budaya pop ke seluruh dunia. Web
2.0 yang merupakan pembaharuan dari web 1.0 menjadi media untuk menyebarkan
budaya Pop. Crunchyroll merupakan web setreaming
berbayar anime yang terkenal di seluruh dunia dan sudah legal. Tidak hanya
streaming menonton anime sepuasanya kita juga diberikan forum diskusi sehingga
terjalin komunikasi antar user/ pengguna penyuka anime.
Pada
tampilan via website Cruchhyroll sangat mudah, menarik, dan sederhana dalam
desain. Kita juga dapat dengan mudah mengubah resolusi gambar yang akan kita
tonton. Dan pada kolom kanan ada daftar dan kita butuh membayar. Karena Cruchyroll
merupakan websitel resmi dan membutuhkan dana makanya kita harus membayar
sekaligus mendukung kreator anime dan pembuat manga (komik Jepang).
Memang
sih banyak sekali situs- situs tidak resmi dan menyediakan streaming dan
download gratis anime maupun manganya. Namun, ketahuilah hal tersebut merupakan
bajakan dan dapat merugikan beberapa pihak terkait. Jika kalian mau mencari
tahu dana yang dibutuhkan untuk pembuatan satu episode anime saja sangat mahal.
Jika kalian ingin tahun harga yang dipatok untuk oembuatan anime kalian bisa
browsing. Nah, jika kita menonton gratis mungkin kita yang untung namun hal
tersebut termasuk ilegal.
Jika
kalian memang otaku anime (istilah menyukai seseuatu dalam bahasa Jepang)
setidaknya kalian menonton melalui televisi atau situs – situs resmi di
internet. meski agak rumit namun dapat membantu profit dari perusahaan kreator
anime. Bicara soal budaya pop dan penyebarannya melalui web 2.0, budaya pop
Jepang semakin merajalela. Hal ini menimbulkan berbagai penelitian yang dikaji
dalam penelitian sosial dan komunikasi. kalian tahu lah fanalisme yang masuk
dalam ranah sosiologi komunikasi atau budaya populer yang masuk dalam
komunikasi kontemporer.
Bagi
kalian sudah tidak asing lagi kata anime, cosplay (kostum play) yang berdandan
semirip mungkin dengan tokoh anime, musik – musik Jepang dalam berbagai genre
seperti Japanese Rock, POP, maupun Indie yang sekarang mudah didengarkan di
aplikasi online music, games buatan Jepang dan masih banyak lagi. Nah, mungkin
bagi kalian yang bukan pecinta anime atau Jejepangan terheran- heran kenapa
bisa ada orang yang sangat fanatik terhadap sesuatu mengidolakan sesuatu bahkan
sampai rela menghabiskan uang banyak hanya demi action figur mainan yang resmi
dikeluarkan dari perusahaan mainan anime asal Jepang? Mungkin kalian harus
memanfaatkan media baik itu online, offline media massa maupun konvensional.
Anime
secara tidak langsung memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat
Indonesia terutama anak-anak. Dengan adanya situs Crunchyroll mungkin bagi anak
– anak dapat dengan mudah mengaksesnya bahkan menonton tanpa bimbngan orang
tua. Padahal tidak semua anime itu khusus untuk tayangan anak – anak. Namun,
yang menjadi menarik adalah jalan cerita sekaligus grafis gambar dari anime
tersebut. Situs crunchyroll memang memmiliki beberapa dampak namun ada beberapa
dampak positif yang bisa digunakan bagi kita masayarakt Indonesia. Crunchyroll
menyediakan forum khusu embahas tentang tayangan anime dalam bahasa Inggris,
sekaligus animenya sub bahasa Inggris dan dub Jepang. Jadi, kita bisa
menggunakan web ini untuk sarana belajar bahasa asing sekaligus hobi menonton ,
dan membagikan anime yang kita tonton ke sosial media. karena memang sekarang
sangat mudah untuk membagikan post tertentu dan dilihat oleh banyak orang. Tak
hanya itu situs Crunchyroll juga menyediakan baca manga gratis dan pembaharuan
berita terkini seputar anime dan Jepang. Jadi, kita bisa dengan mudah
mendapatkan informasi meski tempat kita jauh.
Penulis : Dwi L. Fajri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar